Cara Alami untuk Mengatasi Hidung yang Tersumbat

Hallo, kali ini Warna Wanita akan membahas cara alami untuk mengatasi hidung yang tersumbat yang bisa anda lakukan di rumah anda. Hidung ialah bagian yang paling menonjol di wajah, yang berfungsi menghirup udara pernapasan, menyaring udara, menghangatkan udara pernapasan, juga berperan dalam resonansi suara. Hidung merupakan alat indra manusia yang menanggapi rangsang berupa bau atau zat kimia yang berupa gas.

Apa penyebab hidung tersumbat? hidung tersumbat dapat terjadi ketika jaringan di dalam hidung terganggu. Gangguan ini bisa disebabkan karena adanya iritasi karena menghirup polusi udara, baik dari asap kendaraan atau pajanan asap rokok. Penyebab lain pada dari hidung tersumbat adalah alergi, sinusitis, dan infeksi seperti ISPA dan influenza.

Sumber : istockphoto.com

Memiliki hidung yang sering tersumbat pasti rasanya agak terganggu. Pasti anda tidak dapat menyantap makanan secara nikmat, mengenali aroma secara tertentu, bahkan bernapas pun rasanya juga tidak lega. Anda pasti membutuhkan cara tertentu untuk mengatasi kondisi tersebut. Yuk, simak cara alami untuk mengatasi hidung yang tersumbat yang bisa anda lakukan dirumah:

  1. Minum air putih atau Jus. Selalu penuhi cairan anda, baik dengan cara meminum banyak air putih ataupun jus buah yang berguna untuk mengurangi hidung yang tersumbat. Selain itu, hindarilah minuman yang mengandung kafein dan alkohol karena bisa mengakibatkan dehidrasi, terutama pada area salurang pada hidung.
  2. Istirahat yang cukup. Apabila anda beristirahat secara cukup akan membantu sistem imun untuk memulihkan kondisi tubuh, terutama yang terkait dengan sakit flu dan batuk yang memicu sinusitis. Saat anda sedang tidur, agar anda bisa bernapas lebih nyaman. Jangan lupa untuk menyangga kepala dengan bantal agak tinggi.
  3. Memasang humidifier. Apabila udara disekitar ruangan anda terasa kering alangkah baiknya anda memasang humidifier yang berguna untuk membantu melembapkan ruangan. Pasalnya udara yang lembap berguna untuk membantu pembukaan jalur napas dan dapat membantu anda bernapas lebih lega tanpa tersumbat.
  4. Kompres hidung dengan air hangat. Anda bisa menggunakan cara ini yaitu dengan cara mengompres hidung dengan menggunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat selama beberapa menit. Kegunaan air hangat dapat membantu melegakan jalur napas pada hidung yang tersumbat. Kompreslah hingga keadan jalur hidung terasa lebih lega. Apabila anda merasa nyeri ketika hidung lega, lanjutkan mengompres menggunakan air biasa yang bertujuan untuk meredakan nyeri pada sinus atau area jalur hidung.
  5. Mandi dengan air hangat. Mandi dengan menggunakan air hangat dapat mendorong mukus di dalam hidung lebih encer sehingga anda bisa bernapas dengan lega. Apabila anda sering mengalami hidung tersumbat mandilah setiap hari menggunakan air hangat.

Nah, selain anda bisa menggunakan cara alami diatas untuk mengatasi hidung yang tersumbat, anda bisa menyemprotkan nasal spray yang memiliki kandungan oxymetazoline 0,05%. Menurut American Journal of Rhinology and Allergy, Oxymetazoline dapat melegakan hidung yang tersumbat secara efektif dalam jangka enam minggu penggunaannya. Menurut Medline Plus juga memaparkan kandungan aktif ini berguna dapat mempersempit pembuluh darah yang bengkak, serta meredakan gejala hidung yang tersumbat akibat rhinitis alergi, batuk sinusitis, dan rhinitis non-alergi. Jadi mulai sekarang tidak usah berlama – lam anda merasakan hidung yang tersumbat. Anda bisa melngkapi cara alami tersebut dengan menggunakan cara menyemprotkan nasal spray yang berguna untuk hidung bisa bernapas secara lebih lega. Itulah cara alami untuk mengatasi hidung yang tersumbat menurut Warna Wanita, semoga artikelnya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.