Cara Menebalkan Rambut secara Alami

Hai Ladies, kali ini Warna Wanita akan membahas cara menebalkan rambut secara alami. Rambut atau sering disebut bulu adalah oragn seperti benang yang tumbuh di kulit hewan dan manusia, terutama mamalia. Rambut muncul dari epidermis ( kulit luar), walaupun berasal dari folikel rambut yang berada jauh dibawah dermis. Struktur mirip rambut, yang disebut trikoma, juga ditemukan pada tumbuhan. Tekstur dan ketebalan rambut rambut pada setiap orang bisa saja berbeda – beda itu semua tergantung dari faktor keturunan, usia, hormon, asupan nutrisi, hingga kebiasaan menata rambut. Selain itu, tekstur rambut itu sendiri terkadang bisa dipengaruhi oleh efek samping dari obat – obatan atau penyakit tertentu sehingga juga bisa merubah tekstur rambut tersebut. Memiliki rambut yang tipis dan mudah sekali rontok kerap kali menimbulkan rasa tidak nyaman bagi pemilik rambut tersebut. Yuk, simak bagaimana cara menebalkan rambut secara alami yang bisa anda coba dirumah:

  1. Memilih sampo yang tepat. Pastikan anda memilih sampo dan kondisioner yang tepat dengan sesuai jenis dan kondisi rambut anda itu merupakan hal yang sangat terpenting. Apabila anda salah memilih sampo justru akan menyebabkan kerusakan pada rambut, sehingga rambut bisa semakin kering dan rontok. Jangan menggunakan produk sampo yang berbahan kimia keras seperti amonium lauril sulfat, natrium lauril sulfat atau sampo yang mengandung pewangi jika anda ingin menebalkan rambut.
  2. Membatasi penggunaan alat penata rambut. Apabila anda terlalu sering menggunakan alat – alat penata rambut tersebut akan menyebabkan rambut anda menjadi mudah rapuh dan mudah rontok. Lebih baik anda batasi dalam penggunaan alat penata rambut. Jika anda ingin menggunakan alat penata rambut alangkah baiknya atur suhunya alat tersebut dengan panas 150 derajat celcius.
  3. Menghindari paparan sinar matahari langsung pada rambut. Saat anda hendak beraktivitas diluar ruangan alangkah baiknya anda untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari menggunakan topi atau payung sebab jika rambut terkena paparan sinar matahari secara langsung maka rambut akan kusam, mudah rontok, dan rusak.
  4. Menggunakan bahan – bahan alami. Anda bisa mencari sampo dengan kandungan bahan – bahan yang alami yang bisa menebalkan rambut seperti lidah buaya, minyak zaitun, dan minyak kelapa.
  5. Mencukupi kebutuhan nutrisi untuk rambut. Agar rambut anda terlihat tumbuh kuat, sehat dan terlindungi dari kerusakan rambut juga memperlukan asupan nutrisi terutama dari protein, zat besi, asam lemak omega-3, vitamin A, vitamin E, vitamin C, vitamin D, dan vitamin B, termasuk biotin. Selain itu, anda bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan seperti sayuran, buah – buahan, biji – bijian, kacang – kacangan, ikan, daging tanpa lemak, produk susu rendah lemak, seafood dan telur.
  6. Mengurangi stres. Ketika anda sedang mengalami pelepasan hormon kortisol akibat stres yang berlebihan dapat menyebabkan rambut menjadi rontok dan semakin tipis. Oleh sebab itu, anda harus bisa mengelola stres dengan baik dengan cara berolahraga, menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga, mendengarkan musik serta mengikuti kelas yoga atau meditasi.

Itulah cara menebalkan rambut secara alami menurut Warna Wanita. Apabila anda sudah mencoba cara diatas tetapi tidak efektis untuk mengatasi permasalahan rambut yang anda alami, segeralah konsultasikan ke dokter agar mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published.