Cara Mengatasi Keputihan

Hai Ladies, kali ini Warna Wanita akan membahas cara mengatasi keputihan. Keputihan atau Fluor Albus atau Leukorea adalah sekresi vaginal pada wanita. Keputihan pada dasarnya dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu keputihan normal ( fisiologis ) dan keputihan abnormal ( patologis ). Keputihan fisiologis adalah keputihan yang biasanya terjadi setiap bulannya. biasanya muncul menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi ataupun masa subur. Keputihan patologis dapat disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar. Penyebab keputihan ini antara lain bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil.

www.pexels.com/id-id/@dainis-graveris/

Ada sebagian besar keputihan tidak perlu diobatu dan bisa sembuh sendiri tetapi jika keputihan tersebut muncul dengan beserta keluhan yang mengganggu maka perlu diobati. Keputihan bisa terjadi karena adanya pada dinding vagina dan leher rahim terdapat kelenjar yang memproduksi cairan atau pelumas. Cairan ini dihasilkan sebagai bentuk pertahanan tubuh dalam wanita untuk menjaga kesehatan dalam organ intimnya. Keputihan yang normal umunya bewarna putih susu atau jernih, tidak berbau dan tidak terasa gatal atau perih. Untuk keputihan normal tidak memerlukan penanganan yang khusus. Yuk, simak cara mengatasi keputihan:

  1. Bersihkan vagina dengan tepat. Untuk membersihkan vagina yaitu dengan membasuhnya dari depan ke belakang atau dari arah vagina menuju anus bukan sebaliknya. Bersihkanlah vagina setiap kali anda selesai melakukan buang air kecil atau buang air besar. Gunakanlah sebisa mungkin untuk membersihkan vagina hanya menggunakan air hangat saja atau anda ingin menggunakan sabun, gunakanlah sabun yang memiliki bahan ringan dan tanpa pewangi.
  2. Hindari menggunakan produk kewanitaan. Vagina sebenarnya adalah organ yang bisa membersihkan dirinya sendiri. Oleh sebab itu, anda tidak perlu menggunakan produk pembersih kewanitaan seperti cairan pembersih vagina ( vagina douche ) atau bedak vagina karena produk – produk kewanitaan itu sendiri dapat merusak keseimbangan mikrobiota alami yang terdapat pada vagina. Jadi, penggunaan produk kewanitaan bukannya malah mengatasi keputihan melainkan malah memperparah keputihan yang anda alami.
  3. Gunakan kompres dingin. Untuk meredakan rasa tidak nyaman seperti gatal atau bengkak pada vagina saat anda sedang mengalami keputihan, anda bisa mencoba untuk mengompres menggunakan air dingin. Kompreslah vagina menggunakan kompres es atau menggunakan waslap yang lembut lalu direndam dalam air yang dingin.
  4. Konsultasi pada dokter. Apabila keputihan abnormal yang anda alami dalam jangka waktu 1 minggu masih tetap berlangsung segeralah konsultasikan pada dokter. Dokter akan mengobati keputihan tersebut sesuai dengan penyebabnya.
  5. Gunakanlah kondom saat berhubungan seksual. Untuk menghindari infeksi agar tidak menjadi semakin parah dan memaksimalkan pengobatan keputihan mintalah pada pasangan anda menggunakan kondom saat berhubungan seksual selama 1 minggu masih dalam pengobatan.

Itulah beberapa cara mengatasi keputihan menurut Warna Wanita yang bisa anda coba. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.