Cara Mengatasi Rambut Berketombe secara Alami

Hai Ladies, kali ini Warna Wanita akan membahas bagaimana sih cara mengatasi rambut berketombe secara alami sehingga anda bisa melakukannya dirumah. Ketombe atau sindap dan kelemumur dengan nama ilmiah pityriasis capitis adalah pengelupasan kulit mati berlebihan dikulit kepala. Sel – sel kulit yang mati dan terkelupas merupakan kejadian alami yang normal bila pengelupasan itu jumlah sedikit. Namun, ada juga orang yang mengalami ini secara terus menerus kronis atau sekali – kali, pengelupasan dalam jumlah besar yang diikuti dengan kemerahan dan iritasi. Kebanyakan kasus ketombe dapat disembuhkan dengan sampo khusus atau pengobatan bebas.

Mempunyai masalah ketombe sangatlah menyebalkan dan menganggu. Ketombe itu sendiri ialah seperti serpihan berwarna putih yang berasal dari kulit kepala dan disertai adanya rasa gatal. Pada dasranya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi ketombe muncul seperti kulit kepala berminyak ( dermatitis seboroik ), kulit kepala yang kering, infeksi jamur pada kulit kepala hingga psoriasis. Yuk, simak cara mengatasi rambut berketombe secara alami:

  1. Tea tree oil. Menurut sebuah studi yang dimuat dalam American Society for Microbiology membuktikan bahwa manfaat tea tree oil berasal dari kandungan antimikroba dan anti peradangan sehingga dapat dijadikan sebagai cara alami untuk menghilangkan ketombe. Selain itu, tee tree oil menurut studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Dermatology ialah bahwa tee tree oil mampu melawan jamur penyebab ketombe, serta dermatitis seboroik secara efektif. Menurut penelitian lainnya yang terdapat dalam Journal of the American Academy of Dermatology menyatakan bahwa penggunaan sampu yang mempunyai kandungan tee tree oil sebanyak 5% mampu mengatasu ketombe sebesar 41%.
  2. Minyak kelapa. Menurut sebuah studi yang menemukan bahwa manfaat minyak kelapa untuk rambut ialah dapat mengobati kondisi eksim yaitu masalah kulit yang memicu munculnya ketombe. Minyak kelapa itu sendiri memiliki sifat antimikroba yang mampu mengusir jamu penyebab infeksi. Tetapi masih perlu dibutuhkan penelitian yang lebih lanjut mengenai hal seperti ini.
  3. Lidah buaya. Menurut sebuah laporan ilmiah yang dimuat dalam Biomed Research International iala manfaat lidah buaya berasal dari adanya kandungan antikbakteri dan antijamur yang dapat melawan ketombe.
  4. Cuka apel. Sifat asam yang ada pada cuka apel mampu membantu merangsang pelepasan sel – sel kulit mati pada kulit kepala. Selain itu, manfaat cuka apel untuk rambut ialah juga bisa menyeimbangkan PH kulit guna mengurangi pertumbuhan jamur yang menjadi penyebab ketombe. Tetapi, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya.
  5. Minyak sereh. Minyak sereh itu sendiri memiliki zat antimikroba dan antiradang yang dapat mengurangi munculnya ketombe. Menurut sebuah riset kecil yang dimuat dalam Complementary Medicine Research, produk hair tonic yang mengandung 10% minyak sereh mampu mengurangi ketombe sampai 81% setelah penggunaan selama 2 minggu.

Itulah beberapa cara mengatasi rambut berketombe secara alami menurut Warna Wanita yang bisa anda coba dirumah. Apabila anda sudah mengikuti cara diatas tetapi tak kunjung menemukan hasil yang efektif justru malah memperburuk keadaan kulit kepala anda, segeralah anda periksakan ke dokter ya . Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.