Cara Mengatasi Rambut Rontok secara Alami

Hai Ladies, kali ini Warna Wanita akan membahas cara mengatasi rambut rontok secara alami yang bisa anda coba diruamh dan tentunya menggunakan bahan yang aman untuk rambut. Rambut rontok juga dikenal sebagai kebotakan, mengacu pada hilangnya rambut dari kepala atau badan. Rambut rontok memiliki banyak penyebab termasuk alopecia androgenetic, infeksi jamur, trauma ( misalnya, karena trikotilomania), radioterapi, kemoterapi, kekurangan gizi (misalnya, kekurangan zat besi) dan penyakit Autoimunitas seperti alopecia areata. Ketika anda menemukan banyak sekali rambut yang rontok setelah mencuci rambut atau ketika anda menyisir tentu akan membuat anda cemas. Meski sebenarnya rambut rontok merupakan hal yang wajar dan pasti terjadi pada semua orang, tetapi anda juga harus mewaspadai saat rambut rontok secara berlebihan sebab akan memicu kebotakan. Yuk simak, cara mengatasi rambut rontok secara alami:

  1. Lidah buaya. Kandungan vitamin A, D, serta zat besi dan protein yang terkandung dalam lidah buaya mampu mengatasi rabut rontok. Selain itu, kandungan pada aloe vera tersebut juga mencegah kerontokan dengan cara melindungi kulit kepala terhadap berbagai penyakit.
  2. Minyak zaitun. Kandungan vitamin A, C, D, E, dan K, seta zat besi dan kalsium pada minyak zaitun berfungsi untuk mengurangi rambut rontok.
  3. Santan. Anda bisa menggunakan santan untuk membuat rambut anda menjadi halus dan mudah diatur sehingga tidak mudah rontok ketika disisir.
  4. Yoghurt. Kandungan kalsium, vitamin D, kalium dan protein yang terdapat yoghurt dapat memberikan nutrisi dan membantu menguatkan akar rambut.

Selain dengan mengikuti cara diatas anda juga perlu menghentikan kebiasaan – kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan rambut rontok. Yuk simak, beberapa cara yang bisa anda lakukan :

  1. Hindari mengikat rambut terlalu kencang seperti dikuncir atau dikepang.
  2. Hentikan kebiasaan menarik dan melintir rambut.
  3. Ubahlah kebiasaan menggosok rambut dengan kencang saat keramas menjadi lebih lembut dan hindari menggunakan kuku ketika menggaruk kulit kepala.
  4. Gunakanlah sisir bergigi jarang.
  5. Biasakan diri mengonsumsi pola makan gizi yang seimbang setiap hari.

Itulah cara mengatasi rambut rontok secara alami menurut Warna Wanita yang bisa anda coba dirumah. Rambut rontok itu sendiri bisa dipicu karena kurang asupan yang bergizi, perubahan hormon, efek samping obat – obatan, dan pengaruh psikologis. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.