Cara Menghilangkan Bopeng

Hai Ladies, kali ini Warna Wanita akan membahas cara menghilangkan bopeng. Bopeng adalah jerawat yang dimuka dan biasanya meninggalkan luka yang cukup dalam pada lapisan kulit. Bentuknya bopeng biasanya cekung seperti lekukan atau lubang. Bopeng itu sendiri merupakan salah satu jenis bekas jerawat yang cukup dalam yang terjadi pada kulit. Umumnya, bekas jerawat ini tidak bisa hilang sendiri. Apabila anda mempunyai bopeng yaitu bekas luka yang tampak cekung tandanya lapisan kulit bagian dalam anda mengalam kerusakan. Salah satu penyebab terjadinya bopeng ialah kebiasaan memencet jerawat yang muncul. Yuk, simak cara menghilangkan bopeng:

  1. Chemical peeling. Salah satu cara yang bisa anda coba ialah chemical peeling untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat. Prosedur yang dilakukan chemical peeling adalah dengan menggunakan larutan kimia yang dioleskan di wajah dan akan bekerja dengan cara mengelupasi kulit agar jaringan parut berkurang. Umumnya, ketika melakukan sesi pelling menggunakan cairan kimia yag berbeda – beda. Bahan utama dari perawatan ini yang dilakukan oleh dokter spesialis kulit ialah asam glikolat dan asam salisilat. Menurut penelitian Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery menyebutkan bahwa kedua jenis asam tersebut diklaim efektif dapat mengurangi bekas jerawat baik yang meradang maupun tidak. Penelitian tersebut melaporkan bahwa penggunaan asam glikolat untuk perawatan ini tergolong aman, terutama untuk jenis kulit yang mempunyai warna yang lebih gelap. Sedangkan, asam salisilat memberikan keuntungan tambahan karena memberikan efek memutihkan.
  2. Krim penghilang bekas jerawat. Cara kerja krim ini yaitu melembapkan kulit dan mengurangi gejala seperti gatal dan kemerahan. Sayangnya, krim untuk menghilangkan bopeng membutuhkan waktu yang berbulan – bulan hingga bertahun – tahun agar mendapatkan hasil yang maksimal. Kabar baiknya, ada beberapa masker yang mempunyai kandungan bahan seperti centella asiatica. tanaman ini merupakan tanaman herbal yang mengandung zat – zat aktif seperti asiaticoside, madecassoside dan asiatic. Senyawa tersebut diyakini dapat membantu meredakan iritasi dan memperbaiki lapisan terluar yang sudah rusak.
  3. Dermabrasi. Ahli kecantikan atau dokter kecantikan biasanya akan memanfaatkan sejenis kawat kecil halus yang berputar untuk mengangkat lapisan atas kulit lebih dalam. Hasil dari dermabrasi tidak akan terlihat instan karena membutuhkan 10 hari hingga 3 minggu.
  4. Laser resurfacing. Laser resurfacing itu sendiri sama seperti dermabrasi dan chemical peeling yaitu menghilangkan lapisan epidermis dan mengencngkan lapisan tengah yang ada dikulit. Cara satu ini untuk mengatasi bopeng ialah menggunakan laser serta menjanjikan waktu penyembuhan yang lebih cepat.
  5. Dermal filler. Dermal filler adalah prosedur suntik wajah untuk mengangkat luka bopeng agar ketinggiannya rata dengan kulit aslinya. Metode seperti ini disebut mengisi kulit dengan menambal bagian yang bolong ini menggunakan senyawa tertentu seperti asam hialuronat dan kalsium hidroksiapatit. Hasil dari derma filler yaitu mempunyai sifat sementara.

Itulah cara menghilangkan bopeng menurut Warna Wanita. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *