Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Hai Ladies, Kali ini Warna Wanita akan membahas bagaimana cara menghilangkan komedo secara alami. Komedo ialah pori – pori yang tersumbat, entah itu terbuka ataupun tertutup. Komedo yang terbuka ialah disebut Blackhead, komedo ini terlihat seperti pori – pori yang membesar dan menghitam. Sedangkan untuk komedo yang tertutup ialah disebut Whitehead, untuk komedo jenis ini memiliki kulit yang tumbuhnya diatas pori – pori yang tersumbat sehingga menyebabkan terlihat seperti tonjolan yang bewarna putih kecil.

Kenapa komedo bisa muncul? komedo muncul ketika ada folikel atau yang serin g kita sebut pori – pori rambut yang dikulit wajah tersumbat oleh sel kulit mati, bakteri dan minyak. Komedo juga bisa muncul di punggung, bahu, dada, leher maupun lengan putih. Apabila anda membiarkan komedo berkembang maka akan menjadi jerawat. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan komedo secara alami yang bisa anda coba dirumah dan tentunya bahan – bahan yang dipakai pun lebih terjangkau. Memakai cara alami jauh lebih aman karena akan meminimalisir efek sampingnya. Sehingga wajah anda akan menjadi halus, bersih dan terbebas dari komedo sesuai keinginan anda.

cara menghilangkan komedo secara alami
Sumber : istockphoto.com

Yuk, simak beberapa cara yang menghilangkan komedo secara alami yang sederhana dan mudah dilakukan antara lain:

  1. Memanfaatkan lidah buaya. Selain lidah buaya digunakan untuk merawat rambut, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai memelihara kesehatan kulit diwajah. Manfaat dari lidah buaya berasal dari senyawa aktif yang bersifat anti radang dan anti kuman yang ada pada dalamnya sehingga bisa menekan pertumbuhan bakteri yang menyumbat pori-pori diwajah. Cara memanfaatkan lidah buaya untuk mengatasi komedo ialah dengan cara menggunakannya sebagai pelembap atau bisa jadi masker wajah.
  2. Menggunakan masker tanah liat. Pasalnya masker yang dari tanah liat kerap kali dianggap sebagai produk yang cocok untuk mengatasi kulit yang berminyak, karena masker jenis ini dapat mengangkat kotoran dan minyak yang berlebihan dari pori – pori sehinga akan mencegah terbentuknya komedo. Cara pemakaian masker ini bisa dipakai sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.
  3. Menggunakan masker arang. Masker yang berbahan dari arang mempunyai peran dalam mengeluarkan minyak, sel kulit mati serta bisa mengeluarkan kotoran pada pori – pori. Sehinga, wajah andapun bisa menjadi mulus kembali dan terbebas dari komedo. Arang itu sendiri dipercaya mempunyai manfaat sebagai menjaga kesehatan pada kulit wajah. Cara pemakaian masker jenis ini ialah cukup sekali dalam seminggu.
  4. Memakai tea tree oil. Kandungan pada minyak pohon teh atau yang disebut tea tree oil ini dinilai memiliki kandungan untuk anti radang. Selain itu, bahan alami seprti ini juga dianggap ampuh untuk membunuh bakteri sehingga anda dapat menggunakan sebagai alternatif untuk menghilangkan komedo secara alami. Kandungan tea tree oil juga bisa anda dapatkan di berbagai produk perawatan kulit wajah.

Selain anda bisa mencoba cara diatas untuk menghilangkan komedo, anda juga bisa mencoba cara dibawah ini untuk mencegah timbulnya komedo pada kulit wajah. Yuk, simak dibawah ini:

  • Pertama – tama, bersihkan wajah anda 2 kali dalam sehari ( setelah bangun dan sebelum tidur).
  • Gunakanlah produk komestik atau perawatan untuk kulit yang mempunyai bahan dasar air dan mempunyai label noncomedogenic.
  • Gunakanlah tabir surya atau sunscreen setiap kali anda akan keluar rumah.
  • Jangan lupa penuhi juga kebutuhan cairan yang ada pada tubuh dengan cara minum air putih minimal 8 gelas atau setara dengan 2 liter air sehari agar kulit akan tetap terhidrasi.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan komedo secara alami menurut Warna Wanita yang anda bisa coba dirumah. Apabila anda sudah mencoba berbagai cara alami diatas tidak ada reaksi apa – apa atau menurut anda tidak efektif untuk mengatasi komedo yang muncul atau bahkan membuat kondisi wajah anda memburuk, anda bisa konsultasikan langsung kepada dokter agar diberikan yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.