Cara Mengurangi Nyeri Pada Haid

Hai Ladies, kali ini Warna Wanita akan membahas tentang bagaimana cara mengurangi nyeri pada haid. Haid atau yang sering kita sebut dengan datang bulan atau menstruasi adalah perubahan pada fisiologis di dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Dalam hal reproduksi periode ini sangat penting.

Nyeri haid ialah keluhan pada setiap bulannya yang terjadi pada sebagian besar wanita. Rasa nyeri pada haid ini bermacam, ada yang rasa nyeri ketika haidnya ringan dan ada juga nyeri haidnya yang berat hingga tidak bisa beraktivitas sehari – hari.

Menstruasi atau haid ini merupakan proses keluarnya darah atau sel telur yang tidak dibuahi dari vagina, proses ini normal terjadi setiap bulannya pada ubuh wanita. Dalam dunia medis, nyeri haid disebut dengan istilah dismenore. Terjadinya kondisi ini bisa sebelum haid atau sewaktu haid (PMS). Umumnya nyeri haid ini terjadi hanya beberapa hari saja dan dapat menghilang dengan sendiri nyeri haidnya .

Sumber : KlikDokter

Nyeri haid terjadi disebabkan karena banyak faktor ya. Bisa dimulai dari kontraksi otot pada rahim hingga peningkatan zat prostaglandin pada tubuh. Yuk, simak beberapa cara untuk mengurangi nyeri pada haid:

  1. Kompres dengan air hangat pada perut. Dengan cara kita mengompres atau menempelkan air kompresan hangat ke area perut atau punggung bagian bawah selama 15 – 20 menit, sebanyak 3 kali sehari bisa mengurangi nyeri pada haid yang hari pertama.
  2. Lakukanlah pijatan secara lembut. Pijatlah dengan gerakan melingkar di area perut yang terasa nyeri selama sekitar 5 menit. Pijatan ini bisa dilakukan bersamaan dengan pemberian komprea air hangat.
  3. Hindari makanan dan minuman tertentu. Ada baiknya selama menstruasi kamu menghindari atau memberi batasan asupan untuk beberapa makanan yang bisa menyebabkan atau memicu perut kembung dan kelebihan cairan pada tubuh. Contohnya ialah minuman berkafein dan beralkohol, makanan berlemak , minuman bersoda maupun makanan yang asin. Apabila kita membatasi atau menghindari makanan tersebut bisa mengurangi rasa sakit ataupun kram pada perut.
  4. Lakukan teknik relaksasi. Teknik relaksasi yang dilakukan seperti meditasi, pilates ataupun yoga yang dapat membantu mengalihkan perhatianmu dari rasa ketidaknyamanan karena haid atau rasa nyeri.
  5. Rutin berolahraga. Sebuah penelitian membuktikan bahwa wanita yang rutin melakukan olahraga dalam 3 hari selama 30 menit dalam satu minggu akan mengalami perbaikan gejala haid yang sangat cukup signifikan.
  6. Berendam di air hangat. Salah satu cara agar otot – otot anda lebih rileks ialah dengan cara berendam air hangat. Berendam air hangat juga bisa bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati atau mood swing yang mungkin muncul ketika anda haid.
  7. Menggunakan obat pereda nyeri. Jika nyeri haidmu belum kunjung sembuh setelah melakukan beberapa cara diatas anda bisa mencoba konsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen yang dijual bebas. Selain itu, menurut riset menunjukkan bahwa berhubungan seks dapat mengurangi keluhan nyeri haid dan mood akan menjadi lebih baik.

Nah itulah cara mengurangi nyeri pada haid menurut Warna Wanita. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika nyeri haid dari cara diatas tidak kunjung berhasil atau mereda anda bisa langsung konsultasikan dengan dokter. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.