Cara Merawat Kaktus Mini Dengan Benar

Hallo para Ladies, kali ini Warna Wanita akan memberikan tips bagaimana cara merawat kaktus dengan baik dan tetap subur. Menanam Kaktus ialah perihal soal gampang – gampang susah. Sebagian orang mengira merawat kaktus ialah hal yang mudah karena kaktus itu sendiri tergolong tanaman yang kuat. Namun, kaktus kecil yang biasa kita dapat dari sovenir pernikahan tak selamanya bisa bertahan dan hidup subur. Tetapi supaya bisa awet dan tumbuh lama harus benar cara merawat kaktus mini nya, yaitu :

Cara Merawat Kaktus Mini
Sumber : Rukita

Yuk mari kita simak , cara merawat Kaktus mini yang benar :

  1. Sirami kaktus . Bukan masalah besar jika kamu tidak menyiramnya setiap hari. Sebab, kaktus juga dapat hidup di tanah kering. Namun, jika kamu hampir tidak pernah menyiramnya, kaktus akan menarik cadangan air dari tubuh. Bila hal itu terus terjadi, kaktus tidak dapat tumbuh subur, bahkan mati. Untuk itu, rutin mengecek tanaman minimal tiga hari sekali guna memastikan apakah kaktus butuh disiram atau tidak.
  2. Terkena Cahaya. Kaktus dan succulents menyukai cahaya. Keduanya mampu beradaptasi di gurun yang hampir tidak ada tempat teduh. Jadi, berikan mereka banyak cahaya terang.
  3. Pot memiliki lubang Drainase. Wadah atau pot kaktus harus memiliki lubang drainase untuk memungkinkan kelebihan air keluar. Ingat, succulents dan kaktus tidak suka terlalu basah dan tergenang air. Hal ini bisa menyebabkan batangnya membusuk.
  4. Jangan gunakan semprotan. Menyiram dengan botol semprot dapat menyebabkan akar rapuh dan jamur pada daun. Untuk menyiramnya, siram air ke tanah, bukan daun. Saat kamu melihat tanah dalam keadaan kering, rendam hingga air mengalir keluar dari lubang drainase di dasar pot. 
  5. Pakai pot Besar. Kaktus yang berada dalam pot berdiameter 10 sentimeter atau kurang—seukuran cangkir kopi atau lebih kecil—akan lebih sulit bertahan hidup daripada kaktus di wadah yang lebih besar. Hal ini karena jumlah tanah yang terbatas. Kaktus di pot kecil mengering jauh lebih cepat dibanding kaktus yang hidup di pot lebih besar.
  6. Siram lebih banyak pada musim kemarau. Jika kamu meletakkan sukulen kecil di jendela saat musim kemarau atau panas, tanah kemungkinan besar akan mengering dalam hitungan hari.
  7. Gunakan Tanah dengan Drainase yang baik. Jangan pernah menanam sukulen di tanah yang biasa digunakan untuk tanaman tropos. Cari media tanam untuk kaktus dan sukulen atau kamu dapat membuatnya sendiri dengan memastikan tanah dicampur dengan pasir, batu apung, atau perlit. 

Itu dia beberapa tips cara merawat kaktus yang baik dan benar. Semoga artikel ini bisa membantu. Jika artikel ini menarik bisa dikomen yaa .

Leave a Reply

Your email address will not be published.