Cara Merawat Kuku

Hai Ladie, kali ini Warna Wanita akan membahas bagaimana cara merawat kuku. Kuku adalah bagian tubuh manusia yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari dan memiliki pori – pori. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Kuku itu sendiri bukan bagian dari tulang melainkan terbuat dari protein yang disebut keratin. Keratin bukan hanya terdapat pada kuku saja, melainkan terdapat juga pada kulit dan rambut.

Memiliki kuku yang cantik tentu akan menunjang penampilan anda bukan ? Selain itu akan meningkatkan rasa percaya diri anda juga. Jadi, anda perlu merawat kuku anda agar tetap sehat, kuat dan berkilau. Pasalnya, kuku adalah salah satu bagian tubuh yang rentan menjadi tempat berkembangnya kuman.

Yuk, simak cara merawat kuku:

  1. Potonglah kuku secara teratur. Memotong kuku akan menghindari terjadinya resiko kuku anda patah. Jadi, akan membuat kuku anda tetap kuat. Saat anda memotong kuku, usahakanlah untuk menggosok lembut bagian tepi kuku agar tidak melukai kulit yang besentuhan.
  2. Pastikan kuku selalu dalam keadaan bersih dan kering. Setelah anda beraktivitas pasti anda mencuci tangan yang membuat tangan anda menjadi basah, pastikan untuk anda selalu mengeringkan dan membersihkan sela – sela kuku dengan menggunakan sikat yang lembut. Hal ini memberi manfaat dapat mencegah bakteri dan jamur pada kuku anda.
  3. Oleskan pelembap pada kutikula. Saat anda hendak perawatan kuku, jangan lupa juga anda merawat baian kutikula dengan memberikan pelembap. tetapi, anda jangan berlebihan dalam merawat kutikula. Hindari mendorong atau mengupas kutikula sebab bisa merusak dan membuat kuku terinfeksi bakteri dan jamur.
  4. Hindari terlalu sering menggunakan cat kuku. Penggunaan cat kuku memang akan mempercantik kuku anda tetapi penggunaan cat kuku juga harus dibatasi. Anda perlu memberikan jeda waktu setidaknya seminggu sebelum anda menggunakan kembali cat kuku. Jangan menggunakan cat kuku secara terus menerus karena akan membuat kuku anda menjadi rapuh.
  5. Pilihlah salon kuku yang tepat. Pilihlah salon kuku yang tepat dan memiliki lisensi dan terjaga kebersihannya apabila anda memutuskan untuk melakukan perawatan kuku disalon. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan terjadinya infeksi bakteri atau jamur pada kuku bila maniku pedikur tidak dilakukan deangan tepat.
  6. Konsumsi suplemen biotin. Apabila anda memiliki kuku yang rapuh atau lemah disarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan suplemen biotin yang berguna untuk memperkuat kuku. Biotin adalah salah satu vitamin B yang mampu memperkuat rambut dan kuku, serta membantu fungsi sistem saraf pada tubuh.

Mempunyai kuku yang cantik dapat menggambarkan kondisi kebersihan dan kesehatan seseorang secara keseluruhan. Oleh karena itu, rawatlah kuku anda dengan benar agar tetap sehat dan kuat. Itulah cara merawat kuku menurut Warna Wanita yang bisa anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.