Dampak Negatif dalam Penggunaan Softlen

Hai Ladies, kali ini Warna Wanita akan membahas dampak negatif dalam penggunaan softlen . Softlen atau lensa kotak adalah lensa korektif, kosmetik, atau terapi yang biasanya ditempatkan di kornea mata. Softlen itu sendiri terbuat dari bahan plastik yang mengandung air. Softlen itu sendiri juga perlu perawatan yang serius apabila softlen itu kotor maka akan menyebabkan iritasi pada mata bahkan menimbulkan penyakit yang serius. Softlen umumnya dianggap aman untuk digunakan baik sebagai pengganti kacamata untuk menunjang penglihatan mata anda yang memiliki rabun jauh ataupun dijadikan hanya untuk riasan. Perlu anda ketahui bahwa penggunaan softlen itu sendiri ada batasan waktunya , softlen itu sendiri tidak bisa dipakai selama 24 jam penuh apalagi jika anda pakai sampai berhari – hari tanpa dilepas. Pasalnya memakai softlen terlalu lama dan memakainya saat tidur akan meningkatkan risiko komplikasi serius pada kesehatan mata. Mata anda akan menjadi kering hingga konjungtivitis adalah merupakan beberapa dampak negatif yang akan mengintai mata anda. Yuk, simak dampak negatif dalam penggunaan softlen yang perlu anda waspadai:

  1. Konjungtivitis atau mata merah. Konjungtivitis dan bintil mata akan terjadi jika anda mengenakan softlen terlalu lama bahkan sampai berhari – hari tanpa melepaskannya. Softlen itu sendiri akan menciptakan lingkungan lembap pada mata anda sebagai tempat berkembang biaknya mikroorganisme seperti virus dan bakteri. Kornea akan mengalami kekurangan oksigen ketika anda memakai softlen. Tubuh tidak akan mampu untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus seefektif yang seharusnya. Giant Papillary Conjunctivitis (GPC) merupakan jenis konjungtivitis paling umum yang dialami oleh pemakai softlen karena iritasi berulang kali dari softlen.
  2. Mata mengalami kekurangan oksigen. Oksigen itu sendiri sangat penting bagi mata. Apabila anda menggunakan softlen dalam jangka berhari – hari hingga sebulan akan membuat mata dapat mengurangi pasokan oksigen ke mata. Pasalnya, penggunaan softlen yang terlalu lama itu sendiri akan menghalangi masuknya oksigen untuk mencapai mata.
  3. Mata kering. Sindrom mata kering kerap terjadi karena mata menjadi lemah dan gatal. Hal seperti ini aka membuat kornea mata anda menjadi luka karena penggunaan softlen itu sendiri akan menyerap sebagian besar air mata untuk menjaga kelembutannya, sehingga mata anda menjadi kering. Untuk menghindari peristiwa seperti ini anda bisa tidak mengenakan softlen sepanjang waktu dan sering – seringlah anda mengistirahatkan mata dan gunakanlah obat tetes mata gunanya agar membuat kornea tetap terlumasi.
  4. Alergi dan infeksi mata. Jika anda menggunakan softlen yang sangat lama maka akan menyebabkan kemungkinan infeksi pada mata atau alergi dalam jangka yang cukup panjang. Infeksi ini sendiri terjadi karena abreasi kornea.
  5. Ulkus kornea. Pada saat bakteri, jamur dan virus muncul di kornea dan dibiarkan tanpa anda obati maka kondisi ini akan membuat berkembang menjadi tukak kornea. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan kebutaan permanen dalam kasus – kasus yang ekstrem.
  6. Ptosis. Apabila pada saat kelopak mata anda mulai mengeluarkan cairan seperti air liur dan anda kesulitan dalam membukanya, maka kemungkinan anda mengalami ptosis.
  7. Refleks kornea berkurang. Refleks kornea itu adalah cara otak agar bisa memberi tahu kepada kelopak mata untuk menutup setiap kali ada bahaya yang akan masuk.

Itulah beberapa dampak negatif dalam penggunaan softlen yang perlu anda waspadai dan ketahui menurut Warna Wanita. Hal seperti ini jangan disepelekan ya ladies. Pastikan jika anda ingin menggunakan softlen harus dengan cara yang benar yaa agar hal – hal yang tidak diinginkan tidak terjadi . Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.