Manfaat AHA untuk Kulit

Hai para Ladies, kali ini Warna Wanita akan membahas soal manfaat AHA untuk kulit itu apa saja sih. AHA atau Alpha Hydroxy Acids adalah kelompok asam yang ditemukan secara alami dari makanan, misalnya asam glikolat dari tebu, asam sitrat dari jeruk, asam tartarat dari anggur dan asam malat dari apel. Kegunaan AHA yang sangat populer adalah mampu untuk mencegah terjadinya tanda – tanda penuaan dini. Selain itu, AHA akan mmebuat anda lebih sehat karena inilah AHA mejadi bahan yang sangat populer dalam dunia kecantikan. Terlebih kita masih banyak beragam manfaat yang bisa diperoleh dari AHA.

AHA biasanya dijadikan bahan dasar pada produk seperti cleanser toner, pelembap, dan masker. Tentu, sudah tidak diragukan lagi bukan dalam mengatasi berbagai permasalahan kulit. Produk dengan kandungan bahan dasarnya dari AHA digunakan sebagai exfoliator (pengelupasan pada permukaan kulit) yang sangat cocok untuk kondisi seperti kulit kering, kulit berkeriput serta kulit yang berjerawat.

Yuk, simak apa saja sih manfaat AHA bagi Kulit:

  1. Meremajakan Kulit. Fungsi utama dari AHA adalah sebagai mengelupaskan kulit dan mengangkat sel – sel kulit mati, sehingga kulit akan regenerasi atau akan membentuk proses sel kulit baru. terjadinya seperti itu bisa cepat dan kulit akan terlihat lebih sehat secara menyeluruh. Seiringnya, dengan bertambahnya usia , siklus pergantian sel pada kulit alami akan menjadi semakin lambat. Hal seperti ini dapat menyebabkab terjadinya penumpukan sel kulit dankulit akan menjadi terlihat kusam dan tidak terawat. Regenerasi kulit itu adalah hal yang sangat penting bagi kulit wajah agar tampak tetap segar dan awet muda.
  2. Mencerahkan Kulit. AHA itu sendiri juga bisa bermanfaat untuk mencerahkan kulit karena efek dari pengelupasan sel pada kulit mati yang dimilikinya. Selain itu, AHA mampu menampilkan sel kulit yang sehat bersinar sebelum tersembunyi didalam lapisan bawah. Efek dari pengelupasannya akibat pemakaian AHA yang teratur dapat membantu memperbaiki warna pada kulit anda yang tidak merata akibat bekas jerawat, bekas luka atau melasma, serta akan memudarkan hiperpigmentasi kulit akibat paparan sinar matahari yang sangat berlebihan. Karena itulah AHA sering kali digunakan dalam perawatan kulit sehari – hari seperti cleanser dan pelembap.
  3. Melawan tanda – tanda penuaan. AHA juga dikenal bisa mengatasi tanda – tanda penuaan dini seperti adanya garis- garis halus, kerutan, dan kulit yang kendur, yang umunya berhungan dengan penurunan produksi pada kolagen. Penggunaan AHA secara rutin bisa meningkatkan produksi pada kolagen dan akan menghancurkan serat kolagen lama dan membuka jalan untuk pembentukan kolagen yang baru. Maka tidak heran jika AHA dijadikan sebagai alasan salah satu bahan dari krim wajah anti aging . Pasalnya, garis – garis kerutan akan tersamarkan , kulit akan menjadi lebih kencang dan akan terlihat lebih halus.
  4. Mencegah dan mengatasi jerawat. AHA dapat mengatasi dan mencegah munculnya jerawat berulang. Hal ini terjadi karena efek eksfoliasi dari AHA itu sendiri yang dapat membantu membersihkan pori – pori yang tersumbat akibat sel kulit mati, sebum, dan bakteri.
  5. Meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit lainnya. AHA itu sendiri juga bisa meningkatkan penyerapan dan efektivitas produk perawatan kulit lain yang dipakai setelahnya. Jadi, untuk meningkatkan penerapan produk perawatan kulit, anda bisa mencoba toner yang memiliki kandungan AHA yang digunakan setelah pembersih wajah dan digunakan sebelum serum wajah atau pelembap.

Itulah beberapa manfaat AHA untuk kulit menurut Warna Wanita. Untuk mengurangi risiko terjadinya efek samping dalam menggunakan AHA anda bisa menggunakan AHA dengan selang 1 hari untuk beberapa hari dalam minggu pertama. Jika anda belum pernah menggunakan AHA maka mungkin anda akan mengalami efek samping ringan yaitu seperti gatal, kemerahan dan iritasi. Apabila anda mengalami kondisi kulit tertentu seperti luka bakar, eksim, psoriaris dsbnya sebaiknya anda berkonsultasikan terlebih dahulu ke dokter kulit sebelum menggunakan produk perawatan yang ada kandungan AHA. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.