Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Tubuh

Sejak zaman dahulu masyarakat indonesia sangat mengenal berbagai macam manfaat air kelapa muda dan juga sangat menggemari buah kelapa. Buah yang memiliki bernama latin Cocos nucifera yang banyak tumbuh di iklim tropis ini memiliki banyak sekali kandungan manfaatnya. Biasanya air kelapa muda dimanfaatkan sebagai pengganti cairan tubuh setelah olahraga atau sebagai penetralisir racun bagi tubuh.

Buah kelapa muda mengandung banyak sekali nutrisi diantaranya Kalori, Protein, Karbohidrat, Lemak, Gula, Serat, Mangan, Selenium, Tembaga, Fosfor, Kalium, Besi, dan Seng.

Berikut adalah 8 manfaat air kelapa muda bagi tubuh kita.

1. Sebagai Pengganti Cairan Tubuh Yang Hilang

Terkadang setelah kita melakukan suatu aktivitas berat seperti bekerja seharian atau berolahraga kita akan merasakan lelah dan berkeringat yang membuat cairan dalam tubuh berkurang. Kita bisa menggunakan air kelapa muda untuk menggantikan cairan kita yang hilang sebelumnya.

Hal ini bisa terjadi karena air kelapa mengandung kalium yang sangat tinggi melebihi produk minuman instan pengganti cairan tubuh berbahan lain ataupun produk minuman berenergi. Tak jarang kita menemui beberapa produk instan berbahan air kelapa sebagai pengganti cairan untuk tubuh.

2.Penetralisir Racun Dalam Tubuh

Air kelapa muda sejak zaman dahulu memang sudah dikenal sebagai anti detox, dan ini memang benar adanya. Untuk bisa menghilangkan racun dalam tubuh kita bisa meminum air kelapa secara rutin, terutama adalah air kelapa muda yang bewarna merah, karena dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi.

Selain itu ini juga bisa digunakan untuk menghalau radikal bebas. Peneliti menemukan bahwa antioksidan yang terdapat pada air kelapa berkhasiat untuk meredakan efek stres oksidatif sehingga ampuh untuk menangkal radikal bebas yang terdapat disekitar kita.

3.Baik Untuk Kesehatan Pencernaan

air kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan pencernaan, hal ini di dikarenakan air kelapa mengandung mineral , enzim, asam amino, dan asam lemak sehingga membuatnya punya osmolaritas tinggi yang baik untuk proses pencernaan. Dan air kelapa di klaim bisa mengatasi semua masalah yang berhubungan dengan percernaan.

4.Menghilangkan Dehidrasi

kelapa memiliki jenis air yang sama dengan air yang berada dalam tubuh kita karena mengandung Elektrolit yang sangat tinggi. Hal ini memiliki khasiat untuk membuat air di tubuh kita merasa terisi kembali setelah melakukan aktivitas sehari-hari.

5.Meningkatkan Imun Tubuh

Imun yang buruk bakal berpengaruh kepada kegiatan aktivitas kita. Imun yang baik bisa didapatkan dengan cara meminum air kelapa terutama kelapa muda karena air kelapa dapat mengobati berbagai penyakit mulai pencernaan, mulut dan gusi, tifus dan lainnya yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

6.Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal kerap kali dialami karena tidak suka mengkonsumsi air putih atau karena menjalani hidup yang tiak sehat. Penyebab terbentuknya atu ginjal akibat tingginya kadar zat kimia, seperti kalsium, asam oksalat, dan fosfor didalam urine.

Kita bisa menggunakan air kelapa untuk meredakan gejala batu ginjal, karena air kepala dapat meminimalisir radikal bebas dan zat kimia serta dapat menghambat terbentuknya kristal batu ginjal.

7.Memperlambat Penuaan Kulit

Air kelapa memiliki 2 kandungan yang bagus untuk menghambat penuaan pada kulit yaitu sitokinin dan kolagen. Sitokinin berguna sebagai anti trombotik atau anti pembekuan darah, sedankan kolagen merupakan salah satu jenis protein dalam tubuh yang berperan dalam memberikan struktur pada rambut, kulit, kuku, tulang, dan tendon pada tubuh kita, dan ini sangat berpengaruh pada penuaan kulit manusia tampak labih halus dan bercahaya.

8.Membantu Menurunkan Berat Badan

Kita dapat menurunkan berat badan atau diet menggunakan Air kelapa karena memiliki konsentrasi karbohidrat yang rendah tetapi menimbulkan rasa kenyang yang lama.

Air kelapa jika diminum 3 sampai 5 kali sehari sangat bagus untuk menurunkan berat badan.

Jadi berikut adalah 8 Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Tubuh, jangan lupa komen di bawah ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.