Manfaat Buah Mentimun

Hallo Ladies, kali ini Warna Wanita akan membahas apa saja sih manfaat buah mentimun bagi kesehatan tubuh. Mentimun, timun atau ketimun atau nama lainnya Cucumis Sativus L ( masih tergolong dengan labu – labuan atau disebut dengan Cucurbitaceae ) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat kita makan. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air yang cukup banyak didalamnya sehingga mentimun itu sendiri berfungsi sebagai menyejukkan. Jangan salah memakan timun setiap hari bisa menangkal racun selain itu juga banyak nutrisi yang mendukung bagi kesehatan loh.

Kapan waktu terbaik memakan timun? timun alangkah dimakan waktu malam hari atau saat sebelum tidur karena timun bisa untuk menghilangkan beragam penyakit yang berbahaya sekalipun. Tetapi, anda perlu ketahui memakan timun pada malam hari jangan terlalu banyak – banyak dikarenakan mentimun mempunyai kandungan banyak air sebesar ialah 95%. Apabila kita terlalu banyak memakan mentimun pada malam hari akan membuat anda merasa penuh dan kembung di perut sehingga akan menganggu tidur anda.

Sumber : istockphoto.com

Manfaat buah mentimun itu sendiri didapat dari kandungan zat antioksidan dan beragam nutrisi yang banyak terkandung didalamnya seperti protein, karbohidrat, vitamin dan mineral. Mentimun itu sendiri juga rendah kalori tetapi mempunyai kandungan air dan serat yang sangat cukup tinggi. Yuk, simak apa saja manfaat mentimun untuk kesehatan yang perlu anda ketahui:

  1. Mencegah dehidrasi. Apabila anda merasa bosan minum air dalam sehari sekitar 7-8 gelas anda bisa memasukkan potongan mentimun atau buah lainnya ke dalam air untuk membuat infused water. Salah satu cara ini akan mengurangi kebosanan anda dan akan membuat anda menjadi air minum yang lebih segar dan bernutrisi.
  2. Menangkal radikal bebas. Kandungan pada mentimun yaitu zat antioksidan seperti flavonoid, lutein, zeaxanthin, dan tanin itulah yang berguna untuk mencegah dan menangkal efek radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh. Selain itu, senyawa – senyawa tersebut juga memiliki peran yang sangat penting yaitu sebagai mencegah terjadinya berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, radang sendi, dan penyakit alzheimer.
  3. Melancarkan pencernaan. Kandungan air dan seratnya yang cukup tinggi pada mentimun mempunyai manfaat untuk mencegah serta mengatasi sembelit. Apabila anda susah BAB anda bisa mengonsumsi ketimun serta buah atau sayuran lainnya.
  4. Membantu menurunkan berat badan. Apabila anda sedang menurunkan berat badan, mulailah dari sekarang anda harus mengurangi asupan yang mengandung tingi kalori, lemak, dan juga gula. Asupan yang mempunyai tinggi kalori ialah seperti makanan siap saji, minuman kemasan, es krim, dan minuman bersoda. Mentimun adalah makanan yang rendah kalori, jadi bisa digunakan untuk berdiet. Pasalnya serat yang ada pada ketimun juga bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama sehingga memudahkan anda untuk mengontrol nafsu makan.
  5. Menjaga kesehatan kulit. Asupan cairan seperti mineral, vitamin dan antioksidan yang ada pada saat kita mengonsumsi ketimun sangat baik untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. Selain itu, anda bisa menjadikan ketimun menjadi masker alami untuk kulit yang berfungsi sebagai mengatasi kulit kering, iritasi pada kulit, dan terbakar akibat sinar matahari (sunburn).

Itulah beberapa manfaat buah mentimun bagi kesehatan tubuh menurut Warna Wanita yang perlu anda ketahui. Jadi, mulai sekarang jangan lagi abaikan kehadiran buah satu ini pada saat berada dipiring anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.