Manfaat Centella Asiatica untuk Kulit

Hai Ladies, kali ini Warna Wanita akan membahas apa sih manfaat centella asiatica untuk kulit. Centella asiatica ( pegagan ) merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan serta pematang sawah. Tanaman centella asiatica ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara termasuk Indonesia, India, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang dan Australia kemudia menyebar ke berbagai negara – negara lain. Nama lain yang biasanya dikenal untuk tanaman ini selain pegagan adalah daun kaki kuda dan antanan. Tanaman ini juga sering digunakan sebagai penutup tanah, adakalanya juga memakan tanaman untuk dijadikan sebagai sayuran yang mempunyai khasiat sebagai obat tradisional untuk berbagai macam penyakit.

Centella asiatica ini lebih banyak dikenal sebagai salah satu kandungan alami yang ada didalam produk skincare. Manfaat centella asiatica bagi kulit ialah mampu menghidrasi kulit, mengurangi jerawat, menyembuhkan luka hingga juga bisa menyamarkan stretch mark. Centella asiatica itu sendiri memiliki daun yang bewarna hijau yang berbentuk kipas. Berbagai manfaat cica berasal dari berbagai kandungan zat, seperti antimikroba, antidiabetes, antiperadangan, dan antidepresan.

Ternyata manfaat bahkan fungsi bagi kesehatan cukup melimpah. Kandungan pada centella asiatica dipercaya mampu meredakan peradangan, merangsang produksi kolagen, dan lainnyaa. Yuk, simak manfaat centella asiatica yang perlu anda ketahui:

  1. Menghidrasi kulit. Centela asiatica itu sendiri kadungan bioaktif alami, saponin triterpenoid, flavonoid, phenolic acid, steroid triterpenoid, asam amino dan gula. Berbagai kandungan tersebut dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas, meredakan peradangan, mempertahankan air lebih lama pada kulit, dan mencegah penguapan air dari lapisan epidermis dikulit.
  2. Mengurangi jerawat. Menurut para peneliti yang melakukan percobaan menggunakan madecassoside yakni salah satu komponen molekul yang terdapat didalam centella ke sel kulit manusia yang diberi rangsangan bakteri penyebab jerawat. Hasilnya, ditemukan bahwa madecassoside itu mampu untuk menenangkan kulit dengan cara mengurangi peradangan yang disebabkan oleh masalah jerawat sekaligus melembapkan kulit.
  3. Mengurangi peradangan akibat penyakit kulit. Berdasakan uji coba terhadap hewan tikus manfaat centella asiatica dapat mengurangi peradangan akibat penyakit kulit, seperti dermatitis atopik. Akan tetapi hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna membuktikan efektivitasnya ini dimuat oleh studi international journal of molecular sciences.
  4. Memperlambat tanda penuaan. Menurut penelitian ada yang menyebutkan fungsi centella asiatica bisa untuk memperlambat tanda penuaan kulit. Hal tersebut terjadi tidak terlepas dari kemampuan dalam meningkatkan produksi kolagen. Berkat adanya stimulasi produksi kolagen ini maka elastisitas kulit dapat meningkat serta mengurangi tanda – tanda penuaan, termasuk keriput dan kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet.
  5. Menyembuhkan luka. Daun cica ini mengandung senyawa kimia yang dikenal dengan nama triterpenoid. Senyawa satu ini bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka dengan cara meningkatkan kadar antioksidan, memperkuat jaringan kulit, dan meningkatkan suplai darah ke area luka.
  6. Mengurangi stretch mark. Kandungan dari triterpenoid yang ada didalam daun pegangan mampu meningkatkan produksi kolagen yang ada di dalam tubuh. Dengan begitu, tak hanya menyamarkan stretch mark yang telah ada melainkan juga mencegah terbentknya stretch mark yang baru.

Apabila anda mengalami efek samping dari cica itu sendiri seperti kulitgatal, kulit merah dan iritasi segeralah anda ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Itulah beberapa manfaat centella asiatica untuk kulit menurut Warna Wanita, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.