Manfaat Kolagen

Hai Ladies, kali ini Warna Wanita akan membahas manfaat kolagen yang jarang orang ketahui. Kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaannya adalah kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat dalam tubuh. Dia adalah struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Serat pada kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan. Apakah aman jika mengkonsumsi kolagen ? Kolagen dapat meningkatkan kadar pada kalsium yang ada dalam tubuh manusia. Jika kadar kalsium anda sudah tinggi, maka mengonsumsi kolagen berlebihan bisa membuat anda mengalami hiperkalsemia atau kelebihan kadar pada kalsium darah. Efek sampingnya yaitu anda akan mudah lelah, sering mual, merasa kesakitan di area tulang.

Apakah kolagen bisa memutihkan? menurut penelitian menunjukan bahwa kolagen sebenarnya bukanlah agen untuk pemutih kulit, melainkan yaitu sebagai pencerah kulit. Ada yang mengklaim bahwa kolagen bisa memutihkan kulit . Pasalnya manfaat kolagen untuk memutihkan kulit masih akan diteliti kembali lebih lanjut. Kolagen bisa dipakai umur berapa ? penggunaan komestik yang mempunyai kandungan berupa kolagen alangkah lebih baik digunakan pada usia diatas 25 tahun entah itu digunakan pada wanita maupun pria. Berapa Kolagen yang dibutuhkan pada tubuh manusia ? Secara umum, orang yang berusia di atas usia 18 tahun yang mempunyai fisik yang sehat membutuhkan kolagen berkisar 1000-5000 mg perharinya. Sedangkan, kebutuhan vitamin C pada orang dewasa yang sehat ialah berkisar 75-150 mg perhari (maksimal 2000 mg perhari).

Sumber : pexels.com

Kolagen terbuat dari asam amino yang bersifat keras dan tidak mudah larut di air. Kolagen itu sendiri membentuk sepertiga protein yang ada pada tubuh manusia. Yuk, simak apa saja manfaat kolagen itu :

  1. Mengencangkan Kulit dan mencegah penuaan. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa kolagen memiliki manfaat dalam membantu mengencangkan kulit, mencegah penuaan dini, sekaligus mengurangi kulit kering dan keriput. Kolagen juga berperan penting dalam proses penyembuhan luka.
  2. Mengurangi Selulit. Selulit  istilah yang menggambarkan kondisi kulit bergelombang dengan adanya lesung-lesung kecil seperti kulit jeruk yang biasanya muncul di bagian perut, pinggul, paha, dan bokong. Kondisi ini sering kali dialami oleh wanita ketimbang laki-laki. Pada sebuah penelitian, ditemukan bahwa konsumsi suplemen yang mengandung kolagen dapat membantu mengurangi selulit. Namun, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.
  3. Meningkatkan massa otot. Menurut penelitian menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung kolagen dapat meningkatkan kekuatan otot bagi pasien sarcopenia atau kondisi hilangnya massa otot karena proses penuaan.
  4. Meredakan nyeri sendi. Menurut beberapa penelitian menunjukkan bahwa menambah asupan kolagen dapat mengurangi gejala osteoarthritis dan mengurangi nyeri sendi secara keseluruhan. Pasalnya, menurut penelitian lainnya menyatakan bahwa menambah asupan kolagen melalui tablet suplemen dapat membantu meringankan kondisi osteoarthritis. Meski demikian, manfaat kolagen ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.
  5. Mendukung kesehatan Jantung. Kolagen memiliki peran besar terhadap kesehatan pembuluh darah. Tanpa kolagen yang cukup, pembuluh darah bisa menjadi kaku, lemah, atau rapuh. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya aterosklerosis yang menjadi penyebab serangan jantung dan stroke.

Itulah beberapa manfaat kolagen menurut Warna Wanita. Anda bisa memperolah kolagen dengan cara anda mengonsumsi buah jambu biji. Pasalnya, buah jambu biji mempunyai kandungan kolagen yang cukup banyak yaitu mencapai 228 mg per 100 gramnya. Tetapi, alangkah baiknya jika anda ingin mengonsumsi suplemen kolagen dan sebagainya disarankan anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter agar mendapatkan sumplemen dan sebagainya secara tepat. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.