Manfaat Niacinamide untuk Kulit Wajah

Hai Ladies, kali ini Warna Wanita akan membahas menggenai manfaat niacinamide untuk kulit wajah. Nikotinamida atau juga dikenal sebagai niasinamida dan nikotinik amida adalah suatu amida dari asam nikotinat ( vitamin B3 / niasin ). Nikotinamida merupakan vitamin yang sangat larut dalam air dan bagian dari kelompok vitamin B. Manfaat niacinamide diduga mampu memudarkan bintik hitam, memperlambat penuaan, hingga mengurangi iritasi pada kulit sensitif. Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang merupakan nutrisi yang penting untuk perkembangan dan fungsi sel – sel dalam tubuh. Niacinamide itu sendiri juga ada yang terkandung dalam makanan, seperti dada ayam, salmon dan beras merah serta adajuga berbentuk suplemen makanan. Yuk, simak manfaat niacinamide untuk kulit wajah yang perlu anda ketahui:

  1. Memudarkan bintik – bintik hitam. Apabila anda mempunyai bintik – bintik hitam akibat paparan sinar matahari maka anda sudah saatnya untuk mempertimbangkan pemakaian niacinamide. Niacinamide dalam konsentrasi tertentu dianggap mampu memblokir enzim yang bertanggung jawab untuk memproduksi pigmentasi atau melanin dan memperbaiki warna kulit.
  2. Membuat kulit tampak bersih. Manfaat niacinamide itu sendiri ialah juga dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak dan sebum untuk mengurangi jerawat sehingga kulit anda menjadi bersihdan cerah. Niacinamide itu sendiri juga dikenal sebagai antiinflamasi. Tetapi perlu anda pahami bahwa penggunaan niacinamide saat jerawat meradang hindarilah.
  3. Melawan radikal bebas. Manfaat niacinamide yaitu memiliki sifat antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan. Sinar UV, polusi, stres, kurang tidur dan faktor lainnya semuanya dapat menimbulkan radikal bebas ( molekul tidak stabil ) yang berakibat merusak sel – sel kulit sehat. Hal tersebut juga dapat memnyebabkan tanda – tanda penuaan dini seperti perubahan warna dan kerutan.
  4. Melembabkan kulit. Salah satu dari manfaat niacinamide ialah sebagai pelembab kulit. Sama dengan seperti gliserin dan asam hialuronat, niacinamide ini sendiri juga dapat meningkatkan kelembapan kulit. Niacinamide itu juga membantu meningkatkan pelindung kulit, mencegah kekeringan dan menghentikan potensi iritasi.
  5. Mengurangi iritasi. Manfaat niacinamide yang satu ini juga tidak kalah lo pasalnya niacinamide mampu mendukung penundaan penuaan yang berpotensi menyebabkan iritasi. Niacinamide dapat menenangkan kulit dan membatasi iritasi yang disebabkan akibat pengelupasan kulit. Bahan ini juga digunakan untuk mengatasi meredakan kemerahan dan peradangan.

Itulah manfaat niacinamide untuk kulit wajah menurut Warna Wanita yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.