Manfaat Retinol untuk Kulit Wajah

Hai Ladies, kali ini Warna Wanita akan membahas manfaat retinol untuk kulit wajah. Retinol (masih satu kelompok dengan retinoid ) adalah kelas senyawa kimia yang vitamers vitamin A atau kimia yang berhubungan dengan itu. Retinoid yang digunakan dalam pengobatan, terutama karena cara mereka mengatur pertumbuhan sel epitel. Retinoid memiliki banyak fungsi penting dan beragam di seluruh tubuh termasuk peran dalam visi, regulasi poliferasi dan diferensiasi sel, pertumbuhan jaringan tulang. fungsi kekebalan tubuh, dan aktivitas gen supresor tumor. Penelitian juga sedang dilakukan dengan kemampuan mereka untuk mengobati kanker kulit. Saat retinoic acid 9-cis dapat digunakan secara topikal untuk membantu mengobati lesi kulit dari sarkoma kaposi.

Salah satu manfaat retinol yang sangat populer serta perlu anda ketahuiiala membuat wajah tampak awet muda. Kandungan zat yang merupakan turunan vitamin A ini memang berfungsi untuk memperlambat munculnya tanda – tanda penuaan. Adapun jenis – jenis produk yang mengandung retinol ialah seperti serum, toner atau pelembap. Retinol itu sendiri sering dikenal karena dijadikan sebagai bahan perawatan wajah yang sangat ajaib karena segudang manfaatnya. Yuk, simak manfaat retinol untuk kulit wajah:

  1. Membuat kulit wajah tampak awet muda. Retinol itu sendiri dapat memperlambat dalam proses penuaan kulit karena retinol itu sendiri mampu memelihara fungsi lapisan kulit terluar atau epidermis sebagai pelindung tubuh, menjaga kulit agar tetap terhidrasi, dan mencegah penurunan produksi kolagen.
  2. Memperbaiki tekstur kulit. Molekul yang kecil yang dimiliki retinol dapat masuk ke bawah lapisan epidermis. Saat berada dilapisan tengah kulit itu retinol akan memberikan efek pengelupasan sehingga itu sangat baik untuk proses regenerasu kulit. Dengan seperti itu, lapisan kulit baru yang teksturnya akan lebih lembut akan terbentuk.
  3. Meningkatkan elastisitas kulit. Retinol itu sendiri diketahui dapat meningkatkan ketebalan epidermis dan merangsang produksi kolagen pada wajah jika digunakan. Kolagen itu sendiri mempunyai manfaat untuk mencegah kulit menjadi kering serta untuk meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit.
  4. Memudarkan bintik hitam. Akibat paparan sinar matahari yang terlalu berlebih akan memberikan efek buruk bagi kulit wajah salah satunya adalah akan memicu munculnya bintik hitam. Retinol itu sendiri diketahui dapat memudarkan bintik hitam dan bisa memperbaiki kerusakan kulit akibat efek buruk dari sinar matahari itu sendiri. Selain itu, retinol juga memiliki manfaat dapat mengatasi melasma atau hiperpigmentasi kulit.
  5. Mencegah munculnya jerawat. Kandungan agen komedolitik pada retinol berfungsi untuk mencegah pembentukan komedo atau jerawat dikulit wajah. Selain itu, retinol dapat merawat kulit berjerawat maupun bekas jerawat agar tidak semakin parah.

Itulah manfaat retinol untuk kulit wajah menurut Warna Wanita yang perlu anda ketahui. Efek samping lain dari penggunaan retinol selain kulit menjadi kering dan iritasi ialah kulit menjadi kemerahan, peradangan, kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari, dan gatal – gatal. Efek samping ini juga bisa terjadi apabila anda menggunakan retinol bersamaan dengan bahan lainnya seperti benzoly peroxide atau asam salisilat. Tenang saja efek samping seperti diatas hanya bersifat sementara dan akan membaik dalam jangka waktu beberapa minggu setelah anda sudah terbiasa menggunakan retinol. Apabila efek samping ini terjadi secara terus -menerus bahkan sampai memperburuk kondisi wajah kulit anda, segeralah anda hentikan penggunaanya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.