Manfaat Toge dan Cara Mengolahnya

Hai Ladies, kali ini Warna Wanita akan membahas manfaat toge untuk kesehatan dan bagaimana sih cara mengolahnya toge yang baik dan benar. Toge atau disebut juga Taoge atau kecambah adalah sayuran yang merupakan tumbuhan muda yang baru saja berkecambah dan dilindungi dari cahaya. Kata Taoge itu sendiri ialah serapan dari dialek Hokkian, istilah dari mandarinnya ialah douya yang berarti kecambah kacang – kacangan. Umumnya berasal dari kacang hijau dan sering disajikan ke dalam menu makanan yang dari Asia timur. Toge itu sendiri memiliki kaya akan vitamin E. Toge sangat dianjurkan untuk dijadikan menu yang dikonsumsi, pasalnya toge membantu memenuhi kebutuhan vitamin E pada tubuh. Ternyata banyak sekali manfaat toge bagi kesehatan yang sering kita tidak ketahui lo. Toge itu sendiri bermanfaat mulai dari untuk melancarkan pencernaan hingga untuk meningkatkan daya tahan tubuh juga. Tetapi, agar anda bisa memperolah manfaat yang anda peroleh secara maksimal, anda harus mengolah toge dengan cara yang benar sehingga aman untuk dikonsumsi.

Walaupun toge itu sendiri memilki ukuran yang kecil dan untuk harganya sendiri tergolong murah, toge itu sendiri mengandung beragam nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan, seperti karbohidrat, protein dan serat. Berbagai jenis vitamin dan mineral yang dikandung didalam toge. Beberapa diantaranya ialah vitamin B, vitamin C, vitamin K, zat besi, kalium dan fosfor. Selain itu, toge juga mengandung beragam antioksidan seperti beta karoten, polifenol dan asam fenolat.

Sumber : istockphoto.com

Yuk simak beberapa manfaat toge untuk kesehatan:

  1. Melancarkan pencernaan. Kandungan serat dan air pada toge berfungsi sebagai melancarkan pencernaan sehingga bisa mencegah dan mengatasi terjadinya sembelit. Toge juga memiliki kandungan prebiotik. Jadi, toge bisa dikonsumsi untuk menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik pada usus. Dengan demikian, usus anda pun tetap terjaga kesehatannya.
  2. Mengontrol kadar gula darah. Menurut sebuah penelitian mengungkapkan bahwa toge tersebut mengandung antioksidan dan nutrisi yang baik untuk mencegah peningkatan kadar gula darah dan mengatur aktivitas enzim amilase. Toge juga mengandung sedikit kalori dan karbohidrat serta toge itu sendiri memiliki nilai indeks glikemik yang rendah, jadi tidak menyebabkan gula darah cepat meningkat di dalam tubuh anda.
  3. Meningkatkan imunitas tubuh. Pasalnya, beragam nutrisi dan antioksidan yang ada dalam toge dapat mendukung produksi sel darah putih dan zat antibodi yang berguna sebagai melindungi tubuh dari infeksi.
  4. Meningkatkan kesehatan jantung. Toge baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigiselrida serta dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Kandungan kalium pada toge berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil, sehingga bisa mencegah terjadinya hipertensi. Toge dipercaya bisa dikonsumsi sebagai makanan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke.
  5. Mengontrol berat badan. Toge bisa menjadi pilihan anda untuk makanan diet pasalnya toge itu sendiri tergolong sebagai sayuran yang rendah kalori tetapi mempunyai padat nutrisi dan serat. Serat dan protein yang terkandung dari toge bisa membuat anda kenyang lebih lama jadi asupan yang anda makan akan lebih bisa terkontrol.

Hal – hal yang perlu anda perhatikan saat akan mengonsumsi toge

Sangat beragam manfaat toge diatas tetapi apabila anda ingin memperoleh hasil yang maksimal, anda harus megolahnya dengan benar. Apabila anda tidak benar dalam mengolahnya makan akan berisiko mengalami gangguan pencernaan karena toge bisa mengandung berbagai bakteri penyebab penyakit, seperti salmonella dan E. coli. Inilah beberapa tips yang dianjurkan sebelum mengonsumsi toge:

  • Perhatikan kesegarannya. Pilihlah toge yang segar yang tidak berbau, tidak berlendir dan tidak layu. Pastikan anda memilih toge yang segar.
  • Cuci dibawah air yang mengalir. Disarankan sebelummengolah toge alangkah lebih baiknya dicuci terlebih dahulu menggunakan air yang bersih . Setelah itu , masaklah toge menjadi hidangan yang anda inginkan. Jangan biarkan toge terlalu lama ditempat terbuka. Apabila anda belum ingin memasaknya, maka simpanlah toge tersebut dikulkas atau lemari pendingin agar tetap segar.
  • Masak hingga matang. Sangat dianjurkan apabila anda memasak toge harus benar – benar sampai matang. Apabila anda ingin mencampurkan toge dengan salad, alangkah lebih baiknya toge tersebut direbus dahulu sebelum dicampurkan ke salad.

Itulah beberapa manfaat toge dan cara mengolahnya menurut Warna Wanita . Jika anda ingin mendapatkan manfaat toge secara maksimal, masaklah toge dengan benar. Apabila setelah anda mengonsumsi toge anda menalami sakit perut, muntah, atau diare segeralah periksakan diri anda ke dokter agar mendapatkan tanganan yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.