Tips Membersihkan Karang Gigi

Hai Ladies, kali ini Warna Wanita akan membahas tips membersihkan karang gigi secara baik dan benar tentunya alami ya. Karang gigi atau disebut kalkulus gigi adalah timbunan plak gigi yang mengeras dan tumbuh sedikit demi sedikit. Awalnya , plak gigi terbentuk ketika bakteri dalam mulut bercampur dengan protein dan sisa makanan. Biasanya karang gigi timbul karena sikat gigi yang kurang bersih. Mempunyai masalah karang gigi kerap kali sering disepelekan padahal karang gigi dapat memicu penyakit bahkan bisa merusak gigi secara permanen, menyeramkan bukan ?. Gigi dan mulut keduanya perlu dijaga dengan baik sebab menjadi kesatuan yang masih termasuk ke dalam sistem pencernaan. Jika kita lali menjaga kebersihannya dari sisa – sisa kotoran entah dari makanan atau minuman akan menempel pada gigi dan akan membentuk plak.

Plak itu sendiri disebabkan karena adanya penumpukan sisa makanan dan minuman kemudian berkembang dan membentuk karang gigi. Akibat bakteri yang menumpuk pada area tersebut sehingga bakteri akan berkembang biak dan akan menghasilan zat asam. Kemudian zat asam inilah yang dapat merusak enamel pada gigi dan memicu terjadinya sejumlah kerusakan gigi.

Apabila karang gigi yang anda alami masih dalam intensitas yang ringan, anda bisa mencoba tips cara menghilangkan karang gigi yang bisa anda coba sendiri dirumah. Yuk, simak:

  1. Rutin menyikat gigi. Menyikat gigi secara teratur dipercaya menjadi salah satu cara bisa membersihkan karang gigi. Sikatlah gigi anda selama 2 menit. Selain itu anda juga harus memastikan sikat sudah menjangkau ke seluruh permukaan gigi didalam mulut.
  2. Menyikat gigi dengan teknik yang benar. Meski anda sudah rutin menyikat gigi selama 2 menit tetapi teknik yang digunakan masih salah maka hal tersebut akan sia – sia . Teknik yang benar dalam menyikat gigi adalah dengan cara melakukannya dengan teknik memutar atas dan bawah. Gerakan tersebut bisa dimulai dari gigi yang paling belakang atau geraham di sisi kanan atau kiri. Pastikan anda tidak menyikatnya terlalu keras, agar tidak merusak enamel gigi.
  3. Bersihkan dengan benang. Anda bisa melakukan pembersihan lebih detail menggunakan benang dengan tujuan untuk membersihkan plak yang berada di sela – sela gigi anda yang tidak bisa dijangkau dengan sikat gigi. Anda bisa melakukan ini setelah menyikat gigi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  4. Menggunakan baking soda. Cara selanjutnya adalah dengan menggosok gigi menggunakan baking soda. Baking soda itu sendiri dinilai mampu menghilangkan palk tanpa merusak enamel gigi. Kandungan yang terdapat didalamnya dinilai mampu melindungi gigi dan mencegah gigi kehilangan kalsium. dalam baking soda ada sifat antmikroba yang berguna dapat mencegah kerusakan pada gigi.
  5. Menggunakan obat kumur. Obat kumur dipercaya dapat merontokkan kotoran dari sisa makanan yang menempel pada gigi. Obat kumur juga dapat membantu aroma nafas menjadi lebih segar. Untuk mendapatkan manfaat dari obat kumur anda harus menghindari obat kumur yang memiliki kandungan alkohol.
  6. Berhenti merokok. Kandungan pada rokok dapat memicu pembentukkan karang gigi selain itu bau mulut , gigi akan kuning dan yang parah lagi karang gigi anda akan berwarna hitam. Jadi selain anda membersihkan karang gigi anda juga harus berhenti merokok.
  7. Banyak minum air putih. Mengonsumsi air putih dalam jangka banyak dapat meningkatkan produksi air liur. Air liur dalam mulut berfungsi untuk melembapkan dan meluruhkan sisa – sisa makanan yang menempel di permukaan gigi. Pada air minum juga mengandung enzim yang dapat membantu mencegah bakteri penyebab infeksi mulut yang berkembang.

Selain anda bisa mencoba tips membersihkan karang gigi diatas anda juga bisa melakukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali. Apabila anda sering mengalami sakit gigi yang teramat sangat sakit anda bisa langsung berdiskusi dengan dokter gigi. Itulah beberapa tips membersihka karang gigi menurut Warna Wanita semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.