Tips Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Hai Ladies, kali ini Warna Wanita akan membahas tips mengatasi tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah atau hypotention atau lebih sering dikenal postural hypotention. Tekanan darah rendah ini lebih sering terjadi pada orang yang sedag berdiri atau sit up. Tekanan darah biasanya dikendalikan seiring dengan perubahan posisi tubuh tetapi orang yang sedang mengalami postural hypotention tidak bisa menjaga tekanan darahnya. Postural hypotention dapat terjadi apabila anda mengonsumsi obat antidepresan atau obat antihipertensi ( tekanan darah tinggi ), dan sering terjadi pada orang yang mengalami diabetea mellitus.

Tekanan darah rendah atau hipotensi itu sendiri mempunyai gejala yang beragam, bisa mulai dari pusing, sakit kepala hingga penglihatan kabur dan pingsan. Oleh sebab itu, tekanan darah rendah harus diatasi dengan cara yang tepat agar tidak bertambah parah serta tidak menimbulkan komplikasi yang serius. Seseorang dikatakan mempunyai tekanan darah yang rendah apabila tekanan darahnya kurang dari 90 / 60 mmHg. Tekanan darah rendah itu bisa terjadi secara tiba – tiba (akut) atau berlangsung lama (kronis). Hipotensi ortostatik ialah dimana kondisi ini bisa dipengaruhi oleh perubahan posisi yang mendadak.

Mencukupi kebutuhan cairan harian adalah salah satu cara yang bisa digunakan menjadi salah sau cara untuk mengatasi tekanan darah rendah, pastikan anda minum air putih dalam sehari 8 gelas. Bagaimana sih tips mengatasi tekanan darah rendah dengan sederhana, yuk simak:

  1. Perhatikan posisi tubuh. Memperhatikan posisi tubuh dapat menjadi cara untuk mengatasi tekanan darah rendah. Apabila anda sering mengalami pusing, lemas atau pandangan jadi kabur saat merubah posisi secara mendadak maka ke depannya ubahlah posisi anda secara perlahan.
  2. Gunakan stoking kompresi. Stoking kompresi umunya digunakan untuk mencegah darah terkumpu pada pembuluh darah vena yang ada di kaki anda. Namun, anda bisa menggunakan stoking kompresi untuk mengurangi risiko munculnya keluhan akibat tekanan darah rendah yang terjadi saat perubahan posisi.
  3. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula. Untuk mengurangi keluhan yang akan timbul akibat tekanan darah rendah anda bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula, khususnya gula dalam bentuk yang sudah diproses contohnya seperti gula jagung.
  4. Konsumsi suplemen herbal. Beberapa tanaman herbal yang bisa anda pilih untuk mengatasi tekanan darah rendah adalah jahe, kayu manis, dan lada. Tetapi jika anda mengalami kondisi medis tertentu konsultasikan ke dokter terlebih dahulu agar terjamin keamanannya.
  5. Minum obat untuk menaikkan tekanan darah. Apabila tak kunjung mereda anda bisa langsung memeriksa kondisi anda ke dokter agar segera bisa diberikan penanganan yang tepat. Obat darah rendah mungkin akan diresepkan oleh dokter gunanya untuk menstabilkan tekanan darah dan meredakan keluhan yang muncul. Beberapa jenis obat yang biasanya diberikan oleh dokter untuk mengatasi tekanan darah rendah adalah fludrocortisone dan midodrine. Umumya obat – obat ini bekerja dengan cara untuk menyempitkan pembuluh darah sehingga dapat meningkatkan tekanan darah.

Itulah beberapa tips mengatasi tekanan darah rendah menurut Warna Wanita yang bisa anda coba , semoga bermanfaat. Apabila cara diatas sudah anda coba tapi tak kunjung mereda atau malah semakin mmeberat segeralah anda periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.